Rabu, 03 Desember 2014

PENDUDUK DAN TINGKAT PENDIDIKAN

Apakah Indonesia tidak dapat menyaingi Singapura, China, amerika dan negara-negara- maju lainnya dalam bidang pendidikan ? .” Mengapa tidak ? Indonesia mempunyai wilayah yang jauh lebih luas daripada Singapura, Indonesia memiliki penduduk yang lebih banyak dibandingkan Singapura, Indonesia memiliki kekayaan alam yang jauh lebih banyak dan beranekaragam dibandingkan Singapura, china dan negara maju lainnya
Bebrapa tahun mendatang, saya berpendapat bahwa Indonesia akan menjadi negara maju, mengalahkan Singapura dan China bahkan negara maju lainnya dalam bidang pendidikan . Saat ini, Indonesia mulai membenahi diri, meningkatkan percepatan di dunia pendidikan dengan cara merealisasikan dana 20% dari APBN, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk sektor pendidikan, kerjasama dengan universitas asing juga mulai banyak, program - program beasiswa semakin banyak ditawarkan untuk anak-anak bangsa. Di dunia olahraga, persepakbolaan, Indonesia akan berlaga di World Cup, Indonesia memiliki pemain-pemain yang handal dan tangguh.Indonesia pun sedang melakukan inovasi dalam bidang teknologi , khususnya dalam teknologi pemanfaatan Bahan Bakar Minyak/BBM. Inovasi ini selain sebagai upaya penghematan sumber daya minyak di negeri ini melainkan juga upaya untuk melestarikan alam, karena minyak bumi adalah sumber daya yang tidak dapat diperbaharaui. Pemerintah Indonesia mengkonverter bahan bakar minyak menjadi bahan bakar gas, mulai mengembangkan kendaraan listrik, dan mendukung putra - putri bangsa dalam dunia robotik, misalnya dengan lomba robotik antar universitas se-Indonesa. Bahkan banyak anak – anak bangsa yang menjuarai olimpiade-olimpiade di kancah Internasional bahkan mereka dapat membuat sebuah alat-alat yang mereka pikir berguna untuk bangsa Indonesia.
 Referensi : http://www.youtube.com/watch?v=BWHwtEYwh




Karya Anak Bangsa
Dalam dunia pendinikan khususnya dalam bidang teknologi Indonesia memiliki potensi dalam mengembangkan karya ­- karya teknologinya, apalgi pada era sekarang ini pemerintah mensuport anak-anak bangsa untuk berkarya salah satunya mengadakan lomba-lomba yang berbau Teknologi, seperti lomba robotik di berbagai sekolah maupun universitas, dan dari sanalah anak-anak bangsa dapat bersaing dalam kancah Internasional.
Dan belum lama ini di beritakan bahwa, salah seorang Indonesia yang tinggal di Negara Jepang menemukan sebuah teknologi yang Bernama Teknologi 4G. Dan penemunya bernama  Prof. Khoirul Anwar. Dana bagai mana dia dapat menemukan Teknologi tersebut
Awal mula terciptanya teknologi 4G adalah ketika ia terdesak karena harus mengajukan tema penelitian untuk mendapatkan dana riset. Khoirul memeras otaknya dan akhirnya ide itu muncul juga. Ide tersebut muncul dari animasi Jepang yang sering ia tonton, yakni Dragon Ball Z.
Ketika Goku, tokoh utama Dragon Ball Z, hendak melayangkan jurus terdahsyatnya, ‘Genki Dama’ alias Spirit Ball, Goku akan menyerap semua energi mahluk hidup di alam, sehingga menghasilkan tenaga yang luar biasa. Konsep itu ia turunkan formula matematikanya untuk diterapkan pada penelitiannya. Maka inspirasi itu kini mewujud menjadi sebuah paper bertajuk “A Simple Turbo Equalization for Single Carrier Block Transmission without Guard Interval.” Khoirul mengumpamakan jurus Spirit Ball Goku sebagai Turbo Equalizer (dekoder turbo) yang mampu mengumpulkan seluruh energi dari blok transmisi yang ter-delay, maupun blok transmisi terdahulu, untuk melenyapkan distorsi data akibat interferensi gelombang.
Asisten Profesor berusia 31 tahun itu dapat mematahkan anggapan yang awalnya ‘tak mungkin’ di dunia telekomunikasi. Kini sebuah sinyal yang dikirimkan secara nirkabel, tak perlu lagi diperisai oleh guard interval (GI) untuk menjaganya kebal terhadap delay, pantulan, dan interferensi. Turbo equalizer-lah yang akan membatalkan interferensi sehingga receiver bisa menerima sinyal tanpa distorsi. Dengan mengenyahkan GI, dan memanfaatkan dekoder turbo, secara teoritis malah bisa menghilangkan rugi daya transmisi karena tak perlu mengirimkan daya untuk GI. Hilangnya GI juga bisa diisi oleh parity bits yang bisa digunakan untuk memperbaiki kesalahan akibat distorsi.
Teknologi 4G ini juga bisa diterapkan Indonesia, terlebih di kota besar yang punya banyak gedung pencakar langit, maupun di daerah pegunungan. Sebab di daerah tadi biasanya gelombang yang ditransmisikan mengalami pantulan dan delay lebih panjang. Kini hasil temuan yang telah dipatenkan itu digunakan oleh sebuah perusahaan elektronik besar asal Jepang. Bahkan teknologi ini juga tengah dijajaki oleh raksasa telekomunikasi China, Huawei Technology.
Seharusnya kita bangga akan itu, Seorang berasa dari Indonesia mampu mebuat Teknologi semacam itu, dan di akui oleh dunia, dan teknologi itu sekarang banyak di gunakan olej kahlayak ramai.
Maka dari itu saya menghimbau kepada anak-anak bangsa marilah kita berinovasi untuk menciptakan karya-karya, dan saya yakin anak-anak bangsa pada jaman ini dapa bersaing dengan negara lai, semua itu dapaat di lihat dari anak-anak bangsa yang membuat seperti mobil listri, mobil lipat, dan banya sekali teknologi yang telah di buat oleh anak-anak bangsa.

Referensi http://www.youtube.com/watch?v=f2KONwdhjVA
http://beritajatim.com/teknologi/216183/woww.._mantan_takmir_masjid_sma_kediri_penemu_teknologi_4g.html#.VFWwKvmUdtQ


Menantang Maut Demi Ilmu
Banyak anak-anak Indonesia yang ingin benar-benar menuntut ilmu, tapi terkadang banyak petinggi belum bisa melihat sedihnya mereka anak yang berkeinginan keras untuk sekolah, belajar, dan memnuntut ilmu demi impian yang mereka impi-impikan, kalao dilihat-lihat dan di baca-baca dari sebuah berita, banya anak-anak yang pergi kesokolahnya berjalan hingga ratusan kilo meter bahkan ribua kilo meter, mengitari sungai melewati bukit-bukit, tapi mereka bersih keras hanya satu tujuan yaitu menunutu ilmu, bisakah mereka itu kita jadikan seorang pejuang penuntut ilmu. Saya baru saja baca berita yaitu tentang menantang maut demi ilmu, berita di dapat dari sebuah web liputan6 yang berisi tentang anak-anak di garut yang pergi bersekolah melewati arus sungai yang deras. Namun mereka tak gentar untuk melwannya.
dan begini lah isi beritanya :
Ratusan siswa di Garut selatan, Jawa Barat, harus menantang maut saat menuju ke sekolah. Untuk menuntut ilmu mereka harus mengarungi derasnya arus Sungai Cibaluk sebelum tiba di sekolah.

Jumat (17/1/2014) memberitakan, para siswa dari Desa Mekar Wangi, Kecamatan Cibinong, itu harus menyeberang sungai karena tak ada jembatan penghubung. Untuk sampai ke sekolah yang terletak di Desa Sagara, mereka harus menyeberangi Sungai Cibaluk yang lebarnya 50 meter.

Mereka harus berbasah-basah menyeberangi sungai sambil berpegangan tangan. Bati-batu kali yang licinlah yang menjadi titian bagi anak-anak itu sambil berusaha menghindari cipratan air agar tak mengenai tas dan seragam sekolah.

Meski kaki terasa berat melangkah karena terhalang arus sungai, para siswa ini tetap bersemangat menyeberang. Banjir bandang dapat tiba tiba saja menghanyutkan tubuh mungil mereka.

Kepala Sekolah Almanar menyebut dari 200 siswa, 120 orang di antaranya berasal dari seberang sungai. Sejak tahun 1970-an tak ada jembatan penghubung antara dua kampung ini. Dia berharap pemerintah segera membangun jembatan, sehingga anak-anaknya tak perlu menantang maut lagi. (Eks).
Saya berharap mereka tak pernah padam untuk memnutut ilmu, dan meraih impian mereka. Karena mereka lah yang akan membanggakan negara ini.

referensi : http://news.liputan6.com/read/802166/video-menantang-maut-demi-ilmu

IPTEK DAN LINGKUNGAN

Iptek dan Lingkungan

Dari zaman ke zaman, pola kehidupan manusia telah berubah. Dimana ilmu pengetahuan berkembang dengan pesat mengikuti arus waktu. Ilmu pengetahuan merupakan kebutuhan dalam melanjutkan kelangsungan hidup di bumi. Banyak manusia yang memiliki ambisi untuk mencari ilmu dengan tujuan agar manusia memperoleh kehormatan berdasarkan penemuan-penemuan yang diperolehnya. Sayangnya, tidak sedikit dari penemuan mereka yang memiliki dampak buruk terhadap lingkungan. Akan tetapi sangat disalahkan jika ilmu pengetahuan tidak memiliki pengaruh positif. Diantara keduanya memiliki hubungan timbal balik yang seimbang. Namun perbandingan rasionya lebih unggul pada manfaatnya. Dalam menunjang perkembangan zaman, ilmu pengetahuan berperan sangat penting. Dimana teknologi diciptakan, selalu ada ilmu pengetahuan yang menjadi penopang utama.Dalam konsep ilmu pengetahuan, selalu ada obyek yang dijadikan sebagai sarana penelitian. Misalnya, seorang ilmuan menguji cara kerja pada sebuah alat industri, dan alat-alat lainnya. Atau pun sebuah karya ilmiah berupa penelitian tentang genetik pada manusiadan tumbuhan. Contoh tersebut dapat mengindikasikan terciptanya sebuah teknologi yang bersifat menjurus pada bidang tertentu. Sebab, teknologi akan tercipta apabila terdapat ilmu pengetahuan.Berkaitan dengan lingkungan hidup sebagai bagian dari kehidupan manusia, makalingkungan hidup tidak luput dari pengaruh perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi(IPTEK). IPTEK sangat berguna bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitar. Mengapadikatakan demikian? Karena dengan bantuan IPTEK, kita bisa memecahkan permasalahanyang terjadi di lingkungan hidup. Namun pemanfaatan IPTEK juga tidak mudah dilakukan,untuk itu perlu memperkenalkan IPTEK dari sejak dini. IPTEK merupakan kekuatan utama peningkatan kesejahteraan yang berkelanjutan dan peradaban suatu bangsa.Oleh karena itu, penulis mengangkat tema "IPTEK Lingkungan, Pemanfaatan IPTEKyang Tetap Memerhatikan Pelestarian Lingkungan Hidup
Definisi IPTEK lingkungan
Iptek Lingkungan ialah teknologi yang berkaitan dengan pemanfaatan dalam kaitannya dengan manjemen lingkungan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tersusun sistematis dengan metode tertentu untuk menjelaskan gejala-gejala tertentu pada bidang iptek terhadap linkungan tanpa merusak keseimbangan lingkungan . Upaya pelestarian lingkungan tidak hanya diperlukan saat pembukaan lahan dan penata gunaan tanah. Juga selama kegiatan pembudidayaan sampai ke pengolahan hasil. Pelestarian lingkungan pada semua tahapan produksi perlu menjadi tekad masyarakat, terlebih dalam menghadapi semakin nyaringnya tuntutan pada “produksi hijau”. Selain itu, tekad masyarakat melestarikan lingkungan dapat menjadi perisai terhadap kecaman tentang kerusakan lingkungan perkebunan.
Iptek Lingkungan meliputi:
1.       Pengolahan Sampah.
2.       Pengolahan Limbah.
3.       Konservasi Lingkungan.
4.       Badan Pertanian Teknologi bibit & benih, Rekayasa Genetika.

Pengolahan sampah 
Tumpukan sampah yang setiap hari bertambah satu hingga 1,5 ton, mulai teratasi menyusul beroperasinya pengelolaan sampah terpadu terutama Jakarta, pengelolaan sampah terpadu mampu mengurangi limbah rumah tangga hingga 60-65 persen, sedangkan 35-40 persen sisanya diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA)

Pengelolaannya harus melibatkan semua warga, oleh karena itu, rumah tangga harus melakukan pemilahan sampah menjadi tiga bagian, yaitu sampah organik (basah) (sisa makanan, sayur), kering (kertas, dus, botol), dan limbah berbahaya seperti aki dan baterai bekas, sprayer
insektisida, serta pembalut wanita.

Pengolahan Limbah
Limbah ialah hasil buangan suatu pembakaran atau sisa hasil poduksi yang mengandung zat kimia berbahaya yang dapat merusak keseimbangan lingkungan. Industri primer pengolahan hasil hutan merupakan salah satupenyumbang limbah cair yang berbahaya bagi lingkungan. Bagi industri-industri besar, seperti industri pulpen dan kertas, teknologi pengolahanlimbah cair yang dihasilkannya mungkin sudah memadai, namun tidakdemikian bagi industri kecil atau sedang. Namun demikian, mengingatpenting dan besarnya dampak yang ditimbulkan limbah cair bagi lingkungan,penting bagi sektor industri kehutanan untuk memahami dasar-dasarteknologi pengolahan limbah cair.
Teknologi pengolahan air limbah adalah kunci dalam memelihara kelestarianlingkungan. Apapun macam teknologi pengolahan air limbah domestikmaupun industri yang dibangun harus dapat dioperasikan dan dipelihara olehmasyarakat setempat. Jadi teknologi pengolahan yang dipilih harus sesuaidengan kemampuan teknologi masyarakat yang bersangkutan, agar Lingkungan terjaga dan terlestarikan.

Konservasi Lingkungan
Mendukung dan ikut serta dalam program konservasi lingkungan dan bekerjasama akan menghasilkan suatu pembangunan yang ramah lingkungan serta memperhatikan pada pembangunan ekonomi yang bersifat berkelanjutan dengan memperhatikan kelestarian lingkungan. Karena terpeliharanya kelestarian lingkungan, termasuk dengan menjaga kelangsungan hidup spesies laut dan terumbu karang merupakan hal yang memberikan manfaat dan keuntungan bersama dan berkelanjutan dalam jangka waktu yang panjang sehingga dinikmati oleh generasi yang akan datang.

Badan Pertanian Teknologi Bibit & Benih, Rekayasa Genetika
Upaya peningkatan produktivitas dan mutu produk yang sesuai dengan dinamika lingkungan diharapkan dapat dilakukan melalui penelitian bioteknologi. Manipulasi potensi genetik melalui penelitian biologi molekuler, mikrobiologi, bioproses, kultur jaringan dan rekayasa genetika harus dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan maka harus dilakukan bioteknologi.

Maka teknik rekayasa genetika mulai menggelisahkan. Banyak kalangan khawatir bahwa dampak revolusi hijau tahun 1960-an akan terulang kembali. Penggunaan teknologi dan paksaan pasar yang dilakukan dalam revolusi hijau memang menghasilkan produksi pangan dalam jumlah besar. Namun terbukti upaya tersebut mengganggu keseimbangan ekologi, menciptakan wabah baru, dan sejumlah dampak kesehatan bagi manusia.
Hal sama dikhawatirkan terjadi mengikuti inisitiaf rekayasa genetik yang saat ini getol dilakukan pada tanaman. Segelintir perusahaan bioteknologi meyakinkan bahwa seluruh benih transgenik yang dipasarkan sudah melalui berbagai tahap percobaan. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir terhadap dampak lingkungan dan kesehatan yang akan muncul.
Namun keyakinan serupa ternyata tidak dimiliki oleh para aktivis lingkungan dan mereka yang concern terhadap masalah lingkungan. Pesimisme ini muncul setelah tidak ada penjelasan transparan tentang resiko yang menyertai pelepasan benih transgenik ini ke alam bebas.
Di Amerika Serikat, organisasi lingkungan Greenpeace bahkan mengajukan petisi ke Environmental Protection Agency (EPA) agar membatalkan semua perijinan tanaman hasil rekayasa genetik.
Sementara di Indonesia, sejumlah LSM lingkungan mendesak pemerintah bersikap transparan kepada masyarakat soal tanaman transgenik. Terlebih Departemen Pertanian kini aktif menguji sejumlah benih transgenik termasuk kedelai, jagung dan kapas. Khusus untuk yang terakhir bahkan telah dilakukan pelepasan di Sulawesi Selatan pada 7 Februari 2001. Dan sampai saat ini terus memancing perdebatan yang tidak ada hentinya.

Karena Pembangunan yang tidak menjaga keseimbangan lingkungan terjadi dan meningkat dalam beberapa tahun belakangan ini. Alasan tersebut diperparah dengan kurangnya perhatian masyarakat dan ketidakkonsistenannya pemerintah dalam menata permasalahan lingkungan. Akibat ketidakacuhan tersebut baru dapat dirasakan akhir-akhir ini, ketika banyak peristiwa banjir bandang yang melanda berbagai daerah di negara kita.

Setidaknya wawasan mengenai lingkungan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) akan mengarah pada pemeliharaan dan pelestarian lingkungan hidup. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.
CONTOH IPTEK YANG BERKAITAN DENGAKN PENGOLAHAN SAMPAH
Samapah memang sudah tidak asing lagi bagi kota-kota besar di Indonesia, namun sampah begitu numpuk di kota-kota besar di Indonesia dapat kita atasi, yaitu dengan Pengolah Sampah Menjdai Energi Listrik seperti Negara-negara maju yang sudah melakukannya seperti Denmark, Swis, Amerika dan Prancis. Dan khususnya di Denmark 54% sampah itu menjadi Energi Listrik. Dan proses yang di sebut iyalah PROSES KNVERSI THERMAL. Dan di bawaha ini lah penjelasnnya : 

Proses Konversi Thermal

Proses konversi thermal dapat dicapai melalui beberapa cara, yaitu insinerasi, pirolisa, dan gasifikasi. Insinerasi pada dasarnya ialah proses oksidasi bahan-bahan organik menjadi bahan anorganik. Prosesnya sendiri merupakan reaksi oksidasi cepat antara bahan organik dengan oksigen.

Pembangkit listrik tenaga sampah yang banyak digunakan saat ini menggunakan proses insenerasi salah satu contohnya adalah lihat diagram disampaing (klik 2 kali untuk memperbesar gambar).

Sampah dibongkar dari truk pengakut sampah dan diumpankan ke inserator. Didalam inserator sampah dibakar. Panas yang dihasilkan dari hasil pembakaran digunakan untuk merubah air menjadi uap bertekanan tinggi. Uap dari boiler langsung ke turbin (lihat gambar 2). Sisa pembakaran seperti debu diproses lebih lanjut agar tidak mencemari lingkungan (truk mengangkut sisa proses pembakaran).


Teknologi pengolahan sampah ini memang lebih menguntungkan dari pembangkit listrik lainnya. Sebagai ilustrasi : 100.000 ton sampah sebanding dengan 10.000 ton batu bara. Selain mengatasi masalah polusi bisa juga untuk menghasilkan energi berbahan bahan bakar gratis juga bisa menghemat devisa.




Referensi :  http://www.academia.edu/6611452/Karya_Tulis_Ilmiah_IPTEK_LINGKUNGAN_Pemanfaatan_IPTEK_yang_Tetap_Memerhatikan_Pelestarian_Lingkungan_Hidup
http://berita-iptek.blogspot.com/2008/05/teknologi-pengolahan-sampah.html

AMDAL

Analisis dampak lingkungan (di Indonesia, dikenal dengan nama AMDAL) adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan di Indonesia. AMDAL ini dibuat saat perencanaan suatu proyek yang diperkirakan akan memberikan pengaruh terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. Yang dimaksud lingkungan hidup di sini adalah aspek abiotik, biotik dan kultural. Dasar hukum AMDAL di Indonesia adalah Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 2012 tentang "Izin Lingkungan Hidup" yang merupakan pengganti PP 27 Tahun 1999 tentang Amdal. Kegiatan AMDAL merupakan prasyarat yang harus dipenuhi dalam mengembangkan usaha yang berdampak luas pada masyarakat. Dengan demikian AMDAL bagi pemerintah daerah dimanfaatkan untuk bahan perencanaan pembangunan wilayah. Lewat kegiatan AMDAL maka pemerintah daerah memiliki bahan yang cukup dalam membantu masyarakat dalam rangka memutuskan rencana usaha dan menjamin keberlanjutan usaha yang akan dikembangkan.
Kegiatan AMDAL melibatkan 4 dokumen, yakni :
a. Dokumen Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan Hidup. ( KA-ANDAL)
b. Dokumen Analisis Dampak Lingkungan Hidup (ANDAL)
c. Dokumen Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL)
d. Dokumen Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup ( RPL)


Aspek – aspek yang terdapat dalam amdal adalah :
1.    Aspek Sosial
Dampak positif dari aspek ini :
Dampak positif dari aspek sosial bagi masyarakat secara umum adalah tersedianya sarana dan prasarana yang dibutuhkan :
a.       Perubahan demografi melalui terjadinya tingkat pengangguran, yaitu dalam pembuatan usaha tersebut tentunya pihak pengusaha membutuhkan tenaga kerja yang mana dapat diambil dari lingkungan masyarakat sekitar.
b.      Perubahan budaya yang dapat berdampak pada perubahan sikap masyarakat, yaitu masyarakat akan mendapatkan sebuah gambaran tentang berwirausaha.
Dampak negatif : Dampak negatif dari aspek sosial bagi masyarakat secara umum adalah polusi udara yang berasal dari asap mesin produksi yang nantinya akan berakibat buruk bagi masyarakat sekitar antara lain menggangu kesehatan masyarakat.
2.    Aspek Ekonomi
Dampak positif dari aspek ekonomi bagi masyarakat :
a.       Dapat meningkatkan ekonomi di lingkungan sekitar melalui : mengurangi pengangguran di lingkungan sekitar masyarakat yang akhir-akhir ini semakin bertambah.
b.       Menggali, mengatur dan menggunakan ekonomi sumber daya alam melalui : dengan adanya Bengkel Kenteng dan Cat Mobil tersebut masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang ada.
c.        Meningkatkan perekonomian pemerintah melalui : dengan adanya Bengkel Kenteng dan Cat Mobil tersebut dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah yang belum cukup maju.

3.     Aspek Lingkungan
Lingkungan merupakan salah satu aspek yang harus dipikirkan lebih jauh sebelum menentukan sebuah usaha. Hal ini dilakukan semata-mata agar seorang pengusaha dapat mengetahui dampak-dampak positif maupun negatif yang akan timbul dari sebuah usaha yang dilakukan.

Dampak Positif
Kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar yang bertambah yang mana itu dapat mengurangi tingkat pengangguran khususnya di lingkungan masyarakat tersebut.
Dampak Negatif

a.       Dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat walaupun tidak begitu signifikan.
b.      Polusi udara yang mana dapat mengganggu tingkat kesehatan masyarakat.
c.       Polusi suara yang berasal dari mesin produksi.
d.      Dapat mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar.
4.    Aspek Sosial-Budaya
Analisis dampak lingkungan yang melibatkan sosial budaya berkaitan dengan upaya untuk memprediksi atau meramal dampak sosial-budaya terhadap dokumen AMDAL. Dampak sosial ekonomi di sekitar lokasi perlu diprediksi lewat dokumen AMDAL. Tujuannya antara lain bila lokasi tersebut akan dilaksanakan pembangunan tidak berdampak negatif.
Analisis ini bersifat kualitatif, artinya sulit dinyatakan dalam standard baku.
Analisis dampak lingkungan dari aspek sosial budaya melibatkan aspek sikap dan nilai.
Sikap dan nilai individu secara perseorangan, individu dalam kelompok kecil, individu dalam kelompok besar dapat berbeda dari waktu ke waktu,atau dari tempat yang satu ke tempat yang lain juga dapat berbeda.
Oleh sebab itu dalam upaya analisis mengenai dampak lingkungan ini diperlukan kesamaan pandangan dan titik temu antara keadaan real dengan standard yang sudah dikenal serta disepakati. Maksudnya adalah bahwa dalam implementasinya nanti diperlukan kesamaan pandangan dalam melakukan analisis dan kajian antara pihak investor, petugas dari instansi pemerintah dengan masyarakat di sekitar lokasi.
Hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian antara lain kebisaan hidup, cara bergaul, cara beradaptasi, model komunikasi, konflik kepentingan, mobilitas masyarakat dan sebagainya. Hal ini disebabkan dari segi sosial budaya, masyarakat ikut menikmati hasil pembangunan dan sekaligus menerima dampak lingkungan yang negatif akibat proses pembangunan tersebut. Harapan masyarakat, lewat pembangunan yang dilaksanakan dapat diprediksi diperolehnya lingkungan yang seimbang, kondisi sosial ekonomi masyarakat yang lebih meningkat bila dibandingkan kondisi sebelumnya. Apabila antara harapan dan kenyataan terdapat kesesuaian maka analisis mengenai dampak lingkungan telah sesuai dan benar.

AMDAL DALAM UU NO. 32 TAHUN 2009
Dalam UU No 32 Tahun 2009, AMDAL mendapat porsi yang cukup banyak dibandingkan instrumen lingkungan lainnya, dari 127 pasal yang ada, 23 pasal diantaranya mengatur tentang AMDAL. Tetapi pengertian AMDAL pada UU No. 32 Tahun 2009 berbeda dengan UU No. 23 Tahun 1997, yaitu hilangnya “dampak besar”.  Jika dalam UU No. 23 Tahun 1997 disebutkan bahwa “AMDAL adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup ......”, pada UU No. 32 Tahun 2009 disebutkan bahwa “ AMDAL adalah kajian mengenai dampak penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan .....”.
Dari ke 23 pasal tersebut, ada pasal-pasal penting yang sebelumnya tidak termuat dalam UU No. 23 Tahun 1997 maupun PP No.27 Tahun 1999 dan memberikan implikasi yang besar bagi para pelaku AMDAL, termasuk pejabat pemberi ijin.
Hal-hal penting baru yang terkait dengan AMDAL yang termuat dalam UU No. 32 Tahun 2009, antara lain:

AMDAL dan UKL/UPL merupakan salah satu instrumen pencegahan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup;
Penyusun dokumen AMDAL wajib memiliki sertifikat kompetensi penyusun dokumen AMDAL;
Komisi penilai AMDAL Pusat, Propinsi, maupun kab/kota wajib memiliki lisensi AMDAL;
Amdal dan UKL/UPL merupakan persyaratan untuk penerbitan izin lingkungan;
Izin lingkungan diterbitkan oleh Menteri, gubernur, bupati/walikota sesuai kewenangannya.
Selain ke - 5 hal tersebut di atas, ada pengaturan yang tegas yang diamanatkan dalam UU No. 32 Tahu 2009, yaitu dikenakannya sanksi pidana dan perdata terkait pelanggaran bidang AMDAL. Pasal-pasal yang mengatur tentang sanksi-sanksi tersebut, yaitu:
Sanksi terhadap orang yang melakukan usaha/kegiatan tanpa memiliki izin lingkungan;
Sanksi terhadap orang yang menyusun dokumen AMDAL tanpa memiliki sertifikat kompetensi;
Sanksi terhadap pejabat yang memberikan izin lingkungan yang tanpa dilengkapi dengan dokumen AMDAl atau UKL-UPL.

Kaitan UU No. 32 Tahun 209 dengan Peraturan Menteri LH No. 11 Tahun 2008:
Sebelum disahkannya UU No. 32 Tahun 2009, KLH sudah menerbitkan peraturan menteri yang mengatur tentang Persyaratan Kompetensi Penyusun Dokumen AMDAL (Permen. LH No. 11 Tahun 2008). Pada Pasal 4  Permen. LH No. 11 Tahun 2008disebutkan bahwa persyaratan minimal untuk menyusun suatu dokumen AMDAL adalah 3 (tiga) orang dengan kualifikasi 1 orang Ketua Tim dan 2 orang Anggota Tim yang kesemuanya sudah memiliki sertifikat kompetensi. Sementara amanat dalam UU No. 32 Tahun 2009 yang tertuang dalam Pasal 28 adalah ”Penyusun dokumen sebagaimana ... wajib memiliki sertifikat penyusun dokumen AMDAL".  Jika yang dimaksud "penyusun dokumen AMDAL" pada undang-undang lingkungan yang baru adalah seluruh tim yang ada dalam suatu proses penyusunan dokumen AMDAL, maka dengan demikian Permen. LH No. 11 Tahun 2008 Pasal 4 sudah tidak berlaku lagi. Implikasinya selanjutnya adalah masa berlakunya persyaratan tersebut harus mundur sampai ada peraturan menteri yang secara rinci mengatur tentang hal itu sesuai amanat dalam Pasal 28 Ayat (4) yang memberikan kewenangan kepada KLH untuk membuat peraturan yang mengatur lebih rinci hal tersebut.

Kaitan dengan Peraturan Menteri No. 06 Tahun 2008:
Sama seperti Permen. LH No. 11 Tahun 2008, ada perbedaan pengaturan yang diamanatkan dalam UU No. 32 Tahun 2009 dengan Permen. LH No. 06 Tahun 2008 tentang Tata Laksana Lisensi Komisi Penilai AMDAL yang berlaku efektif pada tanggal 16 Juli 2009. Dalam peraturan ini persyaratan lisensi komisi penilai diberikan kepada komisi penilai AMDAL kabupaten atau kota dan yang menerbitkan lisensi tersebut adalah instansi lingkungan hidup propinsi. Sementara dalam UU No. 32 Tahun 2009, komisi penilai AMDAL yang harus dilisensi selain komisi penilai AMDAL kabupaten atau kota, tetapi juga terhadap komisi penilai AMDAL pusat dan propinsi yang bukti lisensinya diberikan oleh masing-masing pejabatnya (Menteri, gubernur, bupati dan walikota). Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana bentuk pengawasan terhadap pemberian lisensi tersebut jika masing-masing pejabat berhak mengeluarkan bukti lisensi terhadap komisi penilainya. Maka dalam perubahan Permen No. 06 Tahun 2008, KLH harus mengetatkan persyaratan penerbitan lisensi untuk komisi penilai masing-masing daerah termasuk untuk komisi penilai penilai pusat.




Referensi:
 http://amdal-indonesia.blogspot.com/2009/11/amdal-dalam-uu-no-32-tahun-209.html
http://arifianfery.blogspot.com/2012/05/analisis-mengenai-dampak-lingkungan.html
http://kumpulan-artikel-ekonomi.blogspot.com/2009/06/analisis-ekonomi-sosial-dan-lingkungan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_dampak_lingkungan

You Are The Apple Of My Eye

You Are The Apple Of My Eye, kisah cinta tak sampai~
Kalian percaya takdir?

Aku sih percaya. Dan sebenernya aku agak ngga suka dengan keberadaan si takdir ini. Hehehe. Kadang takdir ini bikin sesuatu berakhir dengan gak bahagia. Atau minimal gak sesuai ekspektasi kita.

Sebenernya aku nulis gini karena tiba-tiba keinget sama film yang barusan aku tonton. Film lama sih ini, udah taun 2011 kalo ga salah. Tapi aku baru liat taun 2013 ini hahahaha too late but who cares :v
Filmnya itu judulnya You Are The Apple Of My Eye. Film Taiwan kalo ga salah sih. Aku sebenernya dah rada lama denger tentang keberadaan film ini dan udah banyak temen-temenku yang bilang itu film bagus, recommended, aku kudu nonton, dll dsb dst. Tapi aku baru ngopy itu film beberapa bulan lalu dan baru nonton sekitar seminggu yang lalu :B

Nih misalnya ada yang belom tau film ini, bisa dibaca dulu infonya Film description

Film ini adalah salah satu dari beberapa gelintir film yang berhasil bikin aku ngeluarin air mata. Secara aku orangnya susah nangis, kalo bukan karena udah stress banget atau marah banget atau sakit banget secara fisik, aku ngga nangis. Bukan sok kuat ato gapunya hati, tapi dasarnya emang air mataku susah keluar, kalaupun keluar juga cuma dikit. Jadi yaaa bagi apapun yang bisa bikin aku nangis, terhitung hebat lah :p
Nah, salah satunya ya film ini.

Awal-awal film sampe ke tengah gitu masih normal sih, masih lucu gitu. Sebenernya malah tergolong agak saru ini filmnya. Vulgar gitu lah, jadi buat yang ga biasa sama hal-hal saru ya siap-siap aja :v
Jadi, film ini diawali dengan adegan seorang cowok lumayan ganteng yang lagi siap-siap pake kemeja rapi, pake dasi, ngelap sepatu, dandan, dan sebagainya. Ga berapa lama 2 temennya dateng dan bilang, "Cepat, hari ini adalah hari istimewa. Apa kamu mau pengantin wanita menunggumu seorang?"
Ga salah dong asumsi saya kalo si cowok ini mau menikah? Ya kirain. Ternyata.....

Nah, adegan selanjutnya itu semua flashback. Tiba-tiba adegan beralih jadi si cowok tadi yang masih jadi anak sekolahan dan lagi naik sepeda di tahun 1994. Di awal cerita ada perkenalan tentang temen-temen si cowok ini. Bentar bentar, daritadi ngomongnya si cowok mulu gaenak kayaknya -__- Oke, nama tokoh ini adalah Ko-Teng (kalo ga salah lho ya). Singkat cerita, si Ko-teng dan temen-temennya akhirnya memperlihatkan aktivitas mereka di sekolah. Ya seperti siswa pada umumnya, tidak terlalu penting untuk diceritakan, karena kalo diceritain detailnya ntar ga seru. Lagipula ada yang saru jadi aku gamau cerita :3 #halah

Di kelas Ko-Teng ini ada satu cewek cantik dan pinter, namanya Shen Chia Yi. Ceritanya si Ko-Teng sama temen-temennya pada naksir gitu ama cewek ini. Tapi, si Shen Chia Yi ini selalu galak sama Ko-Teng soalnya dia anak males dan troublemaker gitu. Awal-awalnya sih gitu tapi lama-lama yaaa.... you know lah :3
Di pertengahan cerita mereka udah jadi temen baik. Si Shen Chia Yi ngebantu Ko-teng belajar biar prestasinya naik, dan berhasil! :D *kok malah aku yang seneng* Intinya, karena modus belajar itu mereka akhirnya jadi deket. Sebenernya si cewek ini juga naksir ama Ko-Teng, cuma ga tersampaikan. Pas adegan mereka lagi jalan-jalan berdua nulis wishes di balon udara (atau lampion terbang aku ga gitu ngerti itu apaan) yang terus diterbangin, sebenernya si Shen itu mau bilang ke Ko-Teng , "Ayo kita pacaran" buat nanggepi perasaannya si Ko itu. Sayangnyaaaaaa si cowoknya malah gamau denger apa yang mau disampein Shen. Sayang banget. Banget. Banget. Ih. Semacam dia takut mendengar jawaban yang ngga diharepin gitu. Ihhhh sebel >,<


Setelah itu, ceritanya mereka pisah beneran karena kuliah. Tempat kuliahnya beda gitu #soclassic #bedakampuspenyebabrenggangnyahubungan #kemudianflashback #kemudiangalau #gajadi #lupakan. 

Ehm, back to the story.

Nah, akhirnya mereka lama banget ga ketemu. Sekalinya pas ketemua aja mereka berantem dan akhirnya lose contact selama dua tahun. Mereka kontak lagi gegara Ko-teng denger berita kalo ada gempa besar di kota tempat tinggalnya Shen Chia Yi. Telfonanlah mereka setelah dua tahun :'3 

Tapi tapi tapi. Di adegan ini, Shen keliatan lagi nggandeng cowok lain. Wah wes ra enak ki batinku. Ga seru mosok dia punya pacar :""" Tapi yasudah siapalah saya, hanya penonton -_- 
Beberapa taun kemudian (lupa berapa taun) Shen nelfon Ko. Ini ceritanya udah tahun 2004. Udah pada lulus  kuliah gitu. Isi percakapannya kira-kira begini:

Ko   : "Kau ingin aku mengejarmu lagi jika aku ada waktu luang?"
Shen : "Kali ini takutnya tidak bisa lagi"

jeng jeng jeeeeeng !!! *zoom in zoom out wajah pemain*

Ko   : "Kenapa?"

adegan terhenti sampe sini.

Lhaaaa selanjutnya ternyata adalah adegan di awal film sebelum flashback itu, yang si Ko-teng lagi siap-siap rapi, yang aku kira mau nikah itu.... Ternyata..... Dia bukan mau nikah, sodara-sodara. Dia mau menghadiri acara nikahan. Yeah. Nikahannya Shen Chia Yi. Jadi, mereka ngga nikah akhirnya. Penonton kecewa TT____TT  Jadi si Shen nelfon untuk ngasih tau Ko bahwa dia mau nikah. Huks :"""

Yang bikin mulai mbrambangi tuh ya narasinya si Ko. Sial, aku paling benci cerita sad ending begitu -___-

"Ternyata, ketika kamu sangat-sangat menyukai seorang wanita,  ketika ada seseorang yang mengasihinya, mencintainya, maka kamu akan benar-benar dari hati yang paling dalam mendoakan dia bahagia selamanya" 

waseeeeeeeeemmmm cinta tak sampai iki ndeees T____T

narasi ini pas adegan Shen muncul sama mempelai pria dengan gaun dan dandanan yang cantik, trus si Ko ngeliatin dengan muka bahagia-agak-miris sedikit. Entahlah. Dan backsoundnya juga bikin suasana tambah mengharukan. 

Yang bikin aku langsung nggember adalah adegan flashback yang nyeritain adegan sebenarnya pas Shen sama Ko nulis wishes di balon udara itu. Ternyata yang mau dibilang Shen adalah "Baik, mari kita pacaran" itu. Aaaaaaaaaaaa coba waktu itu si Ko mau dengerin kan mereka jadian kan ihh >,< 

ending ceritanya si Ko ciuman sama Shen, (didapat dengan pengorbanan yang lumayan) dan adegan ini diselingi dengan flashback masa-masa muda mereka, dari jaman sekolah dan selama kuliah. Pokoknya mengharukaaaaaan :"")

Ditutup dengan adegan ini 



Siaaaaaaal nggember tenan iki aku TT_____TT 


Jadi, intinya... Seberapapun usaha kita buat ngejar, buat deket, buat bersatu, bahkan walaupun keduanya saling cinta,  tapi emang dasarnya udah bukan jodoh ya udah. Udah gitu aja.....
Setelah 11 taun (1994-2005) mencintai dan mengejar Shen, walaupun ternyata Shen juga cinta sama Ko, tetep akhirnya mereka ga bersama. Ada aja halangannya. Padahal udah hampir, hampiiiiir~~ Ah -_-


Yaah, bagaimanapun juga, pada akhirnya takdir yang berbicara kan :))

Oh iya ding, satu pelajaran lagi dari film ini, bahwa yang namanya cinta itu gak saling memaksa. Cinta itu tentang bagaimana membuat orang yang kita cintai bahagia, melihatnya bahagia walaupun bahagianya bukan ada di kita. Walaupun kita gak bahagia. Cinta itu ikhlas dan murni, tanpa egoisme  :)


Buat elo-elo yang belom pernah liat film ini, kudu banget nonton. Recommended! (y)

Sekian postingan saya kali ini, saya mau kumpul diskusi praktikum dulu yah. Salam gento, peace love and gaol! :*

Kisah Inspiratif



Di era tahun 1930-an, dikisahkan ada
seorang mahasiswa baru di fakultas
pertanian di sebuah perguruan tinggi
di Mesir. Ketika waktu sholat tiba,
diceritakan bahwa mahasiswa itu
mencari-cari tempat sholat. Setelah
mencari-cari dengan susah payah,
akhirnya ia tak mendapatkan apa yang
ia cari. Akhirnya ia bertanya kepada
mahasiswa-mahasiswa kampus. “Di
fakultas ini tidak ada mushola, yang
ada hanya ruangan kecil dibawah
lorong sana,” jawab salah satu
mahasiswa.
Si mahasiswa pun akhirnya berangkat
menuju lokasi yang dimaksud di
bawah lorong tersebut. Sambil
menggeleng-gelengkan kepala, seolah
tidak percaya atas apa yang ia lihat.
Sebuah kamar kecil, kumuh, jorok dan
tidak terawat, itulah yang ia dapatkan.
“Mereka yang ada di kampus ini,
sholat apa tidak y?” Tanya mahasiswa
ini dalam hatinya dengan terheran-
heran. Karena melihat tempat sholat
didepannya, tidak layak untuk disebut
sebagai mushola.
Iapun tidak pedulikan dengan
pertanyaan-pertanyaan hatinya
tersebut. Tanpa panjang kata, ia
segera masuk ke ruangan kecil lagi
kumuh tersebut. Ia dapatkan tikar
lama dan kotor. Ia juga melihat ada
satu orang yang sedang sholat.
Setelah selesai sholat, bertanyalah
mahasiswa ini kepada orang yang
sholat tadi, yang ternyata karyawan di
kampus. “Maaf pak, apa bapak sholat
di sini?”
"Iya, emang kenapa?” jawab karyawan
penuh yakin. "orang-orang yang di
atas itu, tidak ada yang sholat dan
tempat ini satu-satunya mushola yang
ada di kampus,” tambah karyawan
memberikan informasi kepada
mahasiswa baru tersebut.
Dengan penuh yakin dan semangat
yang tinggi, si mahasiswa berkata
kepada karyawan, “Kalau saya, saya
tidak akan sholat di bawah lorong ini.”
Bergegaslah ia keluar ke atas dan
mencari-cari lapangan yang layak
yang ada di kampus. Setelah
menemukan tempat yang layak, ia
melakukan hal-hal yang aneh,
menurut mahasiswa-mahasiswa
fakultas. Ia mengumandangkan adzan
dengan suara yang sangat keras dan
kencang.
Melihat apa yang dilakukan
oleh juniornya,
para mahasiswa itu terkejut dengan
kejadian yang mereka lihat. Sambil
mengejek dan mengolok-olok
mahasiswa baru, para senior dari
mahasiwa baru ini menuding-nuding
nya dan mengatakan, “Huuuuuu,
kampungan, ku"” Bahkan yang lebih
menyakitkan hati adalah kata-kata
mereka, “Gila kamu, ya….!”
Namun mahasiwa baru tetap bertahan
dan tak bergeming. Ia duduk sejenak
kemudian bangkit dan
mengumandangkan iqomat, “Allahu
Akbar Allahu Akbar…” dan tak satupun
yang ikut sholat bersamanya. Sehari
dua hari, mahasiswa ini selalu diledek
dan dicibiri oleh teman-teman
mahasiswa lainnya.
Akhirnya, ledekan dan cibiran para
mahasiswa itu menjadi pemandangan
setiap hari. Tak ada hari selain
menertawakan dan mengejek-ejek
mahasiswa baru itu. Setelah beberapa
hari, ada kejadian aneh. Karyawan
yang biasa sholat di tempat yang
kumuh dan jorok dibawah lorong itu,
akhirnya ikut sholat berjamaah
dengan mahasiswa. Hari berikutnya,
jamaah sholat bertambah menjadi
empat termasuk sang mahasiswa.
Tepat satu pekan, salah satu dosen
kampus akhirnya ikut sholat
berjamaah.
Berita tentang sholat berjamaah di
tempat terbuka itu, kini tersebar di
fakultas dan menjadi buah bibir para
mahasiswa. Dekan fakultas pun
akhirnya memanggil mahasiswa
tersebut. “Wahai anakku, apa yang
terjadi itu seharusnya tidak boleh
terjadi. Pemandangan yang tidak
wajar, sholat di lapangan terbuka.”
Tapi melihat kegigihan dari mahasiwa
baru ini, pihak dekan memberikan
aspirasinya dengan membangunkan
sebuah mushola baru.
“Yang bersih dan layak untuk sholat
berjamaah bagi siapa yang mau sholat
di dalamnya,” kata dekan penuh
ekspresi.
Dan akhirnya… Sebuah masjid
pertama telah dibangun di fakultas
perguruan tinggi di Mesir
Melihat kejadian itu, ternyata
mahasiswa-mahasiswa lain dari
fakultas-fakultas yang lain, ikut
cemburu. “Kenapa kok fakultas
pertanian saja, fakultas kita tidak
dibangun masji?” Teriak mereka
memprotes rektorat.
Dan akibat protes itu, semua fakultas
di perguruan tinggi itu dibangunkan
masjid.
Hingga hari ini, baik masih hidup atau
sudah wafat, amal mahasiswa ini
akan terus dikenang. Akibat kejadian
di fakultas pertanian itu, semua
kampus di Mesir dibangunkan masjid
yang mengumandangkan kebesaran
Allah ta’ala.
Allahu Akbar… Allahu Akbar…!!!
Lalu, tahukah Sobat, siapa gerangan
mahasiswa itu? Itulah Hasan Al-Banna
“Bertindaklah secara positif dan
katakan, bahwa Dengan Izin Allah
saya mampu untuk merubah.”

Semoga Bermanfaat!!!

Tutorial Potensiometer pada Arduino





Dalam era dunia Elektro penggunaan papan rangkaian sangatlah penting dalam membuat sebuah alat atau komponen bekerja, nah kali ini saya akan memberikan tentang bagaimana pengunaan Potensiometer pada Arduino, kali ini saya akan menggunakan Arduino Uno.
       Sebuah potensiometer adalah tombol sederhana yangmenyediakan resistansi variabel, yang dapat kita baca ke dalam papan Arduino sebagai nilai analog. Dalam contoh ini, nilai yang mengontrol tingkat di mana sebuah LED berkedip.
Pertama – tama kita hubungkan tiga kabel ke papan arduino, pin pertama dari konektor arduino dihubungkan dengan pin terluar dari potensiometer. pin kedua dari konektor arduino dihubungkan dengan pin 2 dari arduino atau 5v. pin ketiga dari analog dihubungkan ketengah potensiometer.
       Dengan memutar poros potensiometer, kita mengubah jumlahresistensi di kedua sisi wiper yang terhubung ke pin tengahpotensiometer. Hal ini akan mengubah relatif “kedekatan” dari pinyang sampai 5 volt dan tanah, memberikan kita input analog yang berbeda. Ketika poros dihidupkan sepanjang jalan satu arah, ada 0volt akan pin, dan kita membaca 0. Ketika poros dihidupkansepanjang jalan ke arah lain, ada 5 volt akan pin dan kita membaca1023. Di antara, analogRead () mengembalikan angka antara 0 dan1023 yang sebanding dengan jumlah tegangan yang diterapkan pada pin.

potentiometer

Untuk Source code nya dibawah ini :

/* Analog Read to LED
 * turns on and off a light emitting diode(LED) connected to digital
 * pin 13. The amount of time the LED will be on and off depends on
 * the value obtained by analogRead(). In the easiest case we connect
 * a potentiometer to analog pin 2.
 *
 * Created 1 December 2005
 * copyleft 2005 DojoDave <http://www.0j0.org>
 * http://arduino.berlios.de
 *
 */

int potPin = 2;    // select the input pin for the potentiometer
int ledPin = 13;   // select the pin for the LED
int val = 0;       // variable to store the value coming from the sensor

void setup() {
  pinMode(ledPin, OUTPUT);  // declare the ledPin as an OUTPUT
}

void loop() {
  val = analogRead(potPin);    // read the value from the sensor
  digitalWrite(ledPin, HIGH);  // turn the ledPin on
  delay(val);                  // stop the program for some time
  digitalWrite(ledPin, LOW);   // turn the ledPin off
  delay(val);                  // stop the program for some time
}
refremsi : http://www.arduino.cc/en/tutorial/potentiometer dan tim robotik saya
sekian dan terimakasih

Senin, 01 Desember 2014

LIONEL MESSI
Lionel Messi Profile - lionel-andres-messi Photo




Lionel Andrés "Leo" Messi (pengucapan bahasa Spanyol: [ljoˈnel anˈdɾes ˈmesi], lahir di Rosario, 24 Juni 1987; umur 27 tahun) adalah seorang pemain sepak bola Argentina yang saat ini bermain untuk FC Barcelona dan merupakan kapten tim nasional sepak bola Argentina, bermain sebagai penyerang. Ia adalah pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang sejarah.[2] Di usia 21 tahun, Messi telah dinominasikan untuk Ballon d'Or dan Pemain Terbaik Dunia FIFA. Pada 2009, ia memenangi Ballon d'Or[3] danPemain Terbaik Dunia FIFA dan penghargaan pertama FIFA Ballon d`Or pada 2010 dan 2011.[4].
Messi adalah pemain keempat yang menjuarai tiga Ballon d`Or, dan pemain kedua yang memenangi Ballon d`Or dua kali berturut-turut. Ia telah menjuarai lima La Liga, dua Copa del Rey, lima Supercopa de Espana, tiga Liga Champions UEFA, dua Piala Super Eropa dan dua Piala Dunia Klub. Pada 2012, ia mencetak rekor Liga Champions UEFA dengan menjadi pemain pertama yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan.[5] Ia juga menyamai rekor 14 gol Jose Altafini di satu musim Liga Champions.[6] Ia juga mencetak rekor untuk gol terbanyak dalam satu musim pada musim 2011-12, dengan 73 gol.[7] Di musim yang sama, ia mencetak rekor pencetak gol terbanyak La Liga dalam satu musim, 50 gol.[8]
Messi adalah pencetak gol terbanyak Piala Dunia FIFA U20 2005 dengan lima gol. Pada 2005, ia menjadi orang Argentina termuda yang bermain di Piala Dunia FIFA dan memenangi medali perak di Copa América 2007, dimana ia menjadi pemain muda terbaik.[9] Gaya permainannya mengundang perbandingan dengan Diego Maradona, yang telah mengumumkan Messi sebagai "penerusnya"
Kehidupan Awal

Messi lahir di Rosario, Provinsi Santa Fe, dari pasangan Jorge Horácio Messi, seorang pekerja pabrik besi dan Celia María Cuccittini, seorang pembersih paruh waktu.[15][16][17][18] Dari garis keturunan ayahnya, ia berasal dari Ancona, sebuah kota di Italia, dimana leluhurnya, Angelo Messi, hijrah ke Argentina pada 1883.[19][20] Ia mempunyai dua orang kakak laki-laki, Rodrigo dan Matías, dan seorang saudara perempuan, María Sol. Di usia lima tahun, Messi mulai bermain sepak bola untuk Grandoli, klub sepak bola lokal yang dilatih ayahnya, Jorge. Pada 1995, Messi bergabung dengan Newell's Old Boys yang berbasis di kampung halamannya, Rosario.[21] Ia menjadi bagian dari pasukan lokal yang hanya kalah sekali dari empat tahun, dan dikenal sebagai "Mesin 87", dari tahun kelahiran mereka.[22]
Pada usia 11 tahun, Messi didiagnosa menderita kekurangan hormon pertumbuhan.[23] Tim elit River Plate berminat atas perkembangannya, tetapi mereka tak punya uang cukup untuk pengobatannya, yang mencapai $900 per bulan. Carles Rexach, direktur olahraga FC Barcelona, telah menemukan talente Messi karena ia mempunyai kerabat di Lleida, dan ayahnya mengatur uji coba bersama tim tersebut. Rexach, tanpa membawa kertas di tangan pada saat itu, mengajukan tawaran kontrak pada Messi di atas serbet makan dari kertas.[24][25] Barcelona menawarkan untuk membiayai pengobatan Messi jika ia mau pindah ke Spanyol. Messi dan ayahnya lalu pindah ke Barcelona, dan ia masuk ke akademi muda klub
Karier club

Barcelona
Messi bermain untuk tim junior Barca, Infantil B dan Cadete B & A dari 2000 sampai 2003 (mencetak 37 gol dari 30 laga di Cadete A). Musim 2003-04, ia mencetak rekor[26] di lima tim berbeda: tampil satu laga di Juvenil B (satu gol), dan dipromosikan ke Juvenil A (14 laga, 21 gol). Kemudian ia tampil untuk FC Barcelona C di Tercera División, pada 29 November 2003 dan untuk FC Barcelona B di Segunda División B pada 6 Maret 2004. Ia bermain untuk tim-tim tersebut sepanjang musim (delapan laga, lima gol, dan lima laga, tanpa gol)[27][28][29]. Bahkan sebelum debut-debut tersebut, Messi telah tampil secara resmi untuk pertama kali untuk tim utama pada 16 November 2003 dalam usia 16 tahun dan 145 hari, di sebuah laga persahabatan melawan FC Porto.[30][31]
Kurang dari setahun setelah debutnya, Frank Rijkaard memberi kesempatan debut pertama La Liga untuk Messi dalam laga melawan RCD Espanyol pada 16 Oktober 2004 (17 tahun 114 hari), menjadi pemain termuda ketiga yang bermain untuk Barca dan pemain klub termuda di La Liga, sebelum akhirnya rekor dipatahkan oleh Bojan Krkić pada September 2007. Saat ia mencetak gol senior pertamanya menghadapi Albacete Balompié pada 1 Mei 2005, Messi berusia 15 tahun, 10 bulan dan 7 hari, menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Barcelona[32] sebelum kembali dipatahkan oleh Krkic pada 2007, yang mencetak gol dari assist Messi.[33] Messi berkata mengenai mantan pelatihnya, Rijkaard: "Saya tak akan pernah melupakan fakta bahwa dia yang memulai karier saya, yang memberi saya kepercayaan diri saat usia saya baru 16 dan 17 tahun."[34] Selama musim itu, ia juga bermain untuk FC Barcelona B, mencetak 6 gol dari 17 laga.
gaya bermain
Messi telah dibandingkan dengan rekan senegaranya Diego Maradona, karena gaya bermain dn perawakan mereka yang serupa, [77]memberinya pusat gravitasi yang lebih rendah daripada kebanyakan pemain, sehingga dia lebih lincah dengan arah perubahan yang lebih cepat, membantu dia untuk menghindari tackle.[78] Posturnya yang pendek dan kaki yang kuat memungkinkan dia untuk unggul dalam ledakan singkat akselerasi dan langkahnya yang cepat memungkinkan dia untuk tetap mengontrol bola saat menggiring bola dengan kecepatan.[79] Mantan manajer FC Barcelona, Pep Guardiola, pernah menyatakan.: "Messi adalah satu-satunya pemain yang berjalan lebih cepat dengan bola daripada tanpa bola." [80] Seperti Maradona, Messi adalah pemain dominan kaki kiri.[81] dengan bagian luar kaki kirinya, ia biasanya memulai dribbling berjalan, sementara ia menggunakan bagian dalam kakinya untuk menyelesaikan dan memberikan passing dan assist untuk rekan-rekan setimnya.[78]
Messi sering melakukan dribbling individu dengan berlari mencetak gol, khususnya selama skema serangan balik, biasanya dimulai dari garis tengah, atau kanan lapangan, meskipun ia juga telah digambarkan sebagai pemain serbaguna, dengan visi yang baik, yang dikenal karena keakuratannya dan kombinasi permainan kreatif, khususnya dengan rekan tim Barcelona Xavi dan Iniesta [82][83][84] Ia juga merupakan spesialis set piece yang akurat dan pengambil tendangan penalti [85]. Sehubungan dengan kemampuan dribbling-nya, Maradona mengatakan Messi : "bola tetap merekat pada kakinya, saya telah melihat pemain besar dalam karir saya, tapi saya belum pernah melihat orang dengan kontrol bola seperti Messi." [86] Maradona telah menyatakan bahwa ia percaya Messi untuk saat ini menjadi pemain terbesar di dunia.[87][88]
Taktis , Messi memainkan pola menyerang bebas dan kadang-kadang berperan sebagai playmaker,[89] dikenal karena finishingnya , kecepatan, dribbling, keseimbangan, posisi, visi dan kemampuan memberikan umpan.[83][90] Dia nyaman menyerang di kedua sayap atau melalui tengah.[91]Ia memulai karirnya sebagai pemain sayap kiri dan striker , namun kemudian pindah ke sayap kanan oleh mantan manajer Frank Rijkaard, yang menyadari bahwa dari posisi ini, Messi bisa menembus pertahanan ke tengah lapangan lebih mudah, sehingga dia bisa melepaskan tembakan ke gawang dengan kaki kirinya, sedikit didominasi crossing bola untuk rekan tim.[92] Dia baru-baru ini telah bermain dalam peran false 9 di bawah asuhan Guardiola.[93] Peran ini ditandai oleh kecenderungan Messi untuk tampaknya akan bermain sebagai striker utama, atau sebagai striker tunggal, meskipun dalam permainan ia sering akan berlari kembali ke posisi lebih mundur dengan bek lawan, menciptakan ruang bagi pemain sayap dan gelandang menyerang untuk membuat mereka berlari, sehingga memungkinkan dia untuk menyediakan rekan setim passing atau memberikan ruang baginya untuk mulai berlari dribbling, mencetak gol atau membuat permainan menyerang.[93] dengan tim nasional Argentina, Messi biasanya bermain di mana saja di posisi garis depan. Dia mulai sebagai striker atau pemain sayap, tetapi juga telah bermain di peran yang lebih dalam, khususnya di bawah asuhan Maradona, lebih dari gelandang serang dan peran playmaker
refrensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Lionel_Messi